NewsFebruary 15, 2021

Gassing Up dan Cooling Down FSRU Jawa Satu di Badak LNG


Bontang - Sebagai bagian dari rangkaian proyek terintegrasi IPP Jawa-1 di Cilamaya, Jawa Barat, Floating Storage Regasification Unit (FSRU) Jawa Satu yang dibuat di Korea Selatan, telah melakukan proses Gassing Up dan Cooling Down pada Terminal Badak LNG, Bontang, Kalimantan Timur pada tanggal 12-14 Februari 2021.

Kegiatan Gassing Up & Cooling Down FSRU Jawa Satu ini merupakan sinergi holding, Sub-holding Power and New Renewable Energy (PNRE) dan Anak Perusahaan Pertamina Grup sehingga menunjukkan kontribusi pada setiap value chain yang ada. FSRU Jawa Satu telah menyelesaikan proses pengisian gas awal dan pendinginan tangki di Badak LNG yang mana tahapan ini diperlukan sebelum fasilitas tersebut dapat dioperasikan untuk menyimpan dan memproses LNG selanjutnya di Cilamaya, Jawa Barat.

 “Pelaksanaan Gassing Up & Cooling Down FSRU Jawa Satu ini merupakan salah satu support dan service Badak LNG bagi Pertamina Grup. Kami memastikan untuk memberikan yang terbaik guna mendukung Proyek IPP Jawa-1. Sebagai operator kilang LNG yang telah beroperasi lebih dari 46 tahun, Badak LNG turut menyambut baik momentum bersejarah dalam pengembangan industri energi terutama dalam keberlanjutan energi di Indonesia dengan pemanfaatan LNG sebagai pembangkit listrik” ungkap Gema Iriandus Pahalawan selaku President Director & CEO PT Badak NGL.

Kapal FSRU yang resmi diberi nama Jawa Satu oleh Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, yang juga didaulat menjadi Godmother of the vessel tersebut memiliki kapasitas kargo penyimpanan Liquefied Natural Gas (LNG) sebesar 170.150 m3 dengan kapasitas unit regasifikasi 300 MMscfd.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung penuh proses pembangunan IPP Jawa 1, salah satunya kolaborasi antara Tim LNG Pertamina Holding dan PT Badak NGL. Dengan kemajuan yang bisa disaksikan bersama, kami optimis IPP Jawa 1 dapat COD sesuai target yakni akhir 2021,” ungkap Heru Setiawan, Chief Excecutive Officer Sub-holding PNRE.